Ceppek's

Adventures,friends,love,life,art, IT geeks, photography

Bapak Komputer Pribadi Meninggal Dunia

2 Comments


TEMPOInteraktif, New York -Bapak komputer pribadi yang membuka karier bagi pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen, meninggal dunia pada usia 68 tahun. Dr Henry Erward Roberts meninggal di rumah sakit pada 1 April setelah menerita pneumonia yang cukup lama.

Dr Henry Erward Roberts adalah penemu Altair 8800, mesin yang kemudian memarakkan era komputer rumah tangga. Gates dan Allen menghubungi Dr Roberts setelah melihat mesin itu di halaman depan di sebuah majalah dan menawarkan peranti lunak bagi mesin tersebut.

Program itu dikenal dengan nama Altair-Basic yang menjadi pondasi bisnis Microsoft. “Ed bersedia mengambil risiko dengan kami -dua anak muda yang tertarik pada komputer jauh sebelum menjadi hal yang awam- dan kami senantiasa berterima kasih kepadanya,” kata kedua pendiri Microsoft itu dalam satu pernyataan.

“Ketika peranti lunak pertama kami yang belum teruji itu bisa jalan di Altair, itulah awal dari berbagai inovasi besar.”

Salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak, mengatakan kepada situs internet teknologi, CNET, bahwa Dr Roberts “telah mengambil langkah penting yang sangat menentukan, yang menghasilkan semua yang kita miliki sekarang ini”.

Dr Roberts adalah pendiri Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS), yang pada mulanya didirikan untuk menjual alat-alat elektronik kepada para penggemar roket-roketan. Perusahaan itu kemudian menjual alat kalkulator elektronik, namun kalah oleh perusahaan-perusahaan besar.

Pada pertengahan 1970-an, ketika perusahaan dililit utang, Dr Roberts memulai pengembangan peralatan komputer untuk para penggemar. Hasilnya adalah Altair 8800, yang diambil dari microprocessor Intel 8080 yang waktu itu terbilang canggih.

Alat seharga US$ 395 (sekitar US$ 1.400 pada nilai hari ini) tampil di sampul majalah Popular Electronics pada 1975, yang kemudian memicu banyak pesanan. Alat ini juga dijual dalam bentuk rakitan dengan biaya tambahan US$ 100.

Di antara yang tertarik dengan mesin itu adalah Paul Allen dan Bill Gates. Kedua pria ini menghubungi Dr Roberts dan menawarkan kepadanya untuk menyusun sandi bagi peranti lunak yang belakangan membantu orang dalam memprogram mesin mereka.

Kedua anak muda ini akhirnya pindah ke Albuquerque, tempat MITS berada, dan mendirikan Mico-Soft (nama Microsoft yang dikenal waktu itu) untuk mengembangkan peranti lunak mereka, yaitu salah satu jenis Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code (Basic).

“Kami senantiasa menyimpan kenangan indah ketika bekerja dengan Ed di Albuquerque, di kantor MITS di Rute 66, tempat begitu banyak hal-hal menarik yang terjadi, yang tak seorang pun di antara kami bisa membayangkannya dulu,” kata Allen dan Gates.

2 thoughts on “Bapak Komputer Pribadi Meninggal Dunia

  1. yang menumpuk dalam mata bisa merusak serat-serat saraf di belakang mata dan saraf optik.
    6. Saraf optik pada mata yang rabun jauh lebih berisiko mengalami ganguan akibat stres komputer.
    7. Jika kondisi ini dibiarkan dan Anda tidak mengurangi tekanan

  2. ini kah guru nya Bill Gate😀 ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s