Ceppek's

Adventures,friends,love,life,art, IT geeks, photography

Cara Connect Jaringan Kantor dan Modem Sekaligus

Leave a comment


Saya yakin banyak kantor yang membatasi akses internet buat karyawannya, baik itu untuk alasan produktifitas, keterbatasan bandwith dan sebagainya, kalau untuk alasan produktifitas apa tepat ya? bukanya sekarang banyak client atau justru kolega / mitra bisnis yang memakai sarana komunikasi yang menggunakan media internet, misalkan seperti Yahoo Messanger, skype untuk berbicara langsung dengan mitra bisnis, bahkan di gunakan confrence juga bisa, apakah ini bisa di anggap tidak produktif? tentu saja tidak bukan? sebagai contoh misal sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta pusat ingin meeting untuk koordinasi penjualan dengan kantor cabang yang ada di Surabaya,Medan,Denpasar dan semarang, kalau di hitung-hitung costnya daripada datangin semua orang-orang cabang ke kantor pusat, coba berapa costnya? tentunya akan lebih murah kalau menggunakan confrence call memakai semisal skype tersebut bukan?.

Seiring dengan perkembangan technology mobile broadband, tentunya makin banyak orang menginginkan akses internet sepuasnya tanpa di batasin, makin banyak pula orang yang memakai modem semacam usb modem dan sebagainya untuk di gunakan sehari-hari baik itu di rumah, ataupun di kantor, tentunya ada kendala jika anda ingin memakai di kantor bukan?, anda harus gantian menggunakannya artinya anda tidak bisa menggunakan secara langsung konek jaringan internal kantor anda dengan modem anda. sebetulnya windows sudah menyediakan untuk solusi tersebut di atas, coba gunalan command prompt kemudian cari tau dulu IP komputer anda, dengan mengetikkan ipconfig misal anda sudah ketemu IP komputer anda adalah 10.64.1.54 kemduain nyalakan modem anda dan konek ke internet, setelah connect, coba ketik ipconfig lagi, tentunya selain IP yang sudah ketemu tadi ada IP baru, misal IP barunya 10.90.1.40 kemudian ketik route add 10.0.0.0 mask 255.0.0.0 10.64.1.1 -p  kemudian tekan enter.

coba sekarang browse ke facebook.com atau twitter atau situs yang biasanya di blok di kantor anda sekalian cek email anda atau buka intranet di kantor anda, kalau dua-duanya bisa berarti anda sudah berhasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s