Ceppek's

Adventures,friends,love,life,art, IT geeks, photography

BPC 10 – New feel

Leave a comment


SAP BPC (Business Planning and Consolidation) itu hasil dari akusisi outlooksoft yang di akuisisi oleh SAP seperti yang saya kutip dari sini, kemudian di buatlah dua versi, ada versi microsoft dan versi Netweaver, untuk kedua versi tersebut tidak banyak perbedaan dari sisi user, tetapi berbeda dari segi back-end, yang versi Microsoft di bangun atas dasar technology Microsoft  jadi ada database server dan webservernya, serta tidak lupa add in untuk client yang bisa nempek di excel,word dan powerpoint. untuk versi netweaver, dia di bangun atas dasar technology netweaver dan BW, jadi salah satu kelebihan dari SAP BPC Netweaver ini bisa narik data master langsung dari SAP melalui BW, dan tentu saja kecepatan prosesnya akan berbeda juga. untuk versi microsoft tentunya punya kelebihan juga, gak harus  punya SAP BW dulu untuk menjalankannya, cukup dengan menyediakan server dan di install serta jg lisensinya, untuk sumber data yang di olah bisa dari excel/csv atau text file, misal perusahaan anda sudah mempunyai sistem ERP selain SAP, tetapi data actualnya juga ingin di olah oleh BPC ini. tentu saja masing-masing dari dua versi ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, jika anda ingin mengimplementasikan di perusahaan anda, tentunya di sesuaikan dengan kebutuhan, anda bisa bertanya pada saya di email ceppek[at]gmail.com atau pada perusahaan konsultan SAP di Indonesia.

Untuk instalasi BPC 10 Netweaver ini, sebaiknya anda mengajak atau membajak orang basis yang ahli dalam install dan menginstall add-on atau modul di SAP, kecuali anda jago technical SAP juga🙂

1.  Tampilan Baru (server)

BPC 10 NW Netweaver

BPC 10 Netweaver

untuk memulai membuka BPC 10 ini bisa langsung ke webnya, kemudian terlihat screennya sudah berbeda sekali dengan versi yang lama (7.5) terutama dari segi technolgynya, dari segi server sudah terbebas dari dotNet technology, artinya anda tidak perlu menginstall webserver dengan technologi .net seperti pada versi sebelumnya. tampak juga ada multiple tab yang bisa anda buka, misal, tab administrator untuk memodifikasi atau edit dimensi, kemudian ada tab lagi untuk membuat new input form dan seterusnya.  Jadi kita tidak perlu install applikasi admin consolenya seperti versi sebelumnya, untuk urusan administrasi bisa cukup di lakukan disini, misal nambah dimensi, edit member dimensi, add tim, edit tim dan lain-lain.

2. Client

BPC 10 Clien

BPC 10 Client

dari sisi client, namanya EPM add-in, sudah sangat berbeda dengan versi sebelumnya, dan banyak fungsi-fungsi yang sudah absolute alias tidak di pakai lagi. di sini dulu namanya CV atau Current View, sudah berganti menjadi EPM Content, kemudian posisinya ada di bawah toolbar, dan tentu saja yang paling mengagetkan adalah fungsi EVDRE yang di hilangkan di versi 10 ini, padahal, almost input sechedule atau report menggunakan EVDRE. dan tentu saja cara untuk membuat report dan input schedule/input form akan berbeda caranya dengan versi yang sebelumnya.

ada beberapa istilah yang berubah pada BPC 10 ini, misal seperti di bawah ini

SAPBPC diff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s